• Rabu, 30 November 2022

Berikut Bacaan, Penjelasan Dan Keutamaan Shalawat Ibrahimiyah

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 17:59 WIB
ilustrasi orang sedang shalat (instagram/@tarikhislam)
ilustrasi orang sedang shalat (instagram/@tarikhislam)


TIPOLOGI.COM - Selawat adalah bentuk cinta kasih umat Islam kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Allah SWT sendiri telah memerintahkan shalawat.

Oleh karena itu Setiap Muslim pasti mengenal dan bahkan hafal shalawat Ibrahimiyah. Karena shalawat ini selalu dibaca pada saat duduk tasyahud di dalam shalat.

Dikutip dari islam.nu.or.id berikut adalah bacaan, penjelasan dan Keutamaan Shalawat Ibrahimiyah.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung,”.

Baca Juga: Taliban Anggap Perjuangannya Sama Dengan Kemerdekaan RI, Ferdinan: Ini Penghinaan Terhadap Pahlawan Kita

Baca Juga: Fakta Dan Sejarah Kelompok Fundamentalis Taliban Yang Kuasai Afghanistan

Bacaan shalawat Ibrahimiyah tidak akan asing ditelinga kaum muslimin wal muslimat, karena disetiap kita melakukan shalat dibagian duduk tasyahdud bacaan itu akan muncul.

Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani shalawat Ibrahimiyah dalam pandangannya berpendapt bahwa shalawat yang paling bagus diantara shalawat lainnya yakni shalawat Ibrahimiya yang paling sempurna shighatnya dibanding shalawat-shalawat yang lain, baik yang ma’tsûrah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma’tsûrah.

Saking sempurnanya. Ada banyak perawi hadits yang meriwayatkan shalawat Ibrahimiyah. Mereka di antaranya Imam Malik di dalam kitab Muwaththa’, Imam Bukhari dan Imam Muslim dalam kedua kitab shahihnya, serta para imam lainnya seperti Abu Dawud, Nasai, dan Turmudzi. Imam Al-Iraqi dan Imam As-Sakhawi menuturkan bahwa haditsnya muttafaq ‘alaih.

Halaman:

Editor: Abdul Rosid

Sumber: islam.nu.or.id

Tags

Terkini

X