• Senin, 15 Agustus 2022

Belum Dapat Hewan Kurban? Buya Yahya Ungkap Batas Waktu Penyembelihan Hewan Kurban!

- Selasa, 14 Juni 2022 | 09:46 WIB
Ilustrasi Belum Dapat Hewan Kurban? Buya Yahya Ungkap Batas Waktu Penyembelihan Hewan Kurban. (PIXABAY/RitaE)
Ilustrasi Belum Dapat Hewan Kurban? Buya Yahya Ungkap Batas Waktu Penyembelihan Hewan Kurban. (PIXABAY/RitaE)

TIPOLOGI.COM - Menyambut Idul Adha 2022 yang sebentar lagi berlangsung.
 
Banyak umat Muslim yang sedang mencari hewan kurban, namun tidak sedikit yang kesulitan mendapatkan hewan kurban untuk Idul Adha 2022.

Buya Yahya ungkapkan batas waktu penyembelihan kurban bagi yang belum mendapatkan hewan kurban.
 
 
Seperti dikutip dari PortalJember.com berjudul "Kapan Batas Waktu Penyembelihan Hewan Kurban yang Diperbolehkan, Buya Yahya: Mungkin Anda Belum dapat Kambing" pada Senin, 13 Juni 2022.

Buya Yahya menjelaskan tentang kapan saja waktu atau batas penyembelihan hewan kurban Idul Adha yang diperbolehkan.

Setelah sholat Idul Adha dilaksanakan, akan dilanjutkan kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh sebagian besar umat muslim.
 
Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Beritahu Pertanda Kurban yang Diterima Allah, Simak Berikut!

Hewan kurban yang disembelih bernilai ibadah kurban. Membeli hewan kurban seperti kambing atau sapi, tetapi tidak disembelih di waktu Idul Adha, maka bukan bernilai sunnah kurban.

Lalu, kapan saja atau batas waktu penyembelihan hewan kurban yang diperbolehkan dan bisa bernilai ibadah kurban Idul Adha?

Berikut ini penjelasan Buya Yahya tentang kapan saja atau batas waktu penyembelihan hewan kurban yang diperbolehkan dan bernilai ibadah kurban Idul Adha, seperti dilansir PortalJember.com dari channel YouTube Buya Yahya yang diunggah pada 19 Juli 2021.
 
Baca Juga: Buya Yahya Ungkap Mengapa Mencari Rezeki Halal Itu penting, Begini Penjelasannya!

"Ada ibadah yang agung luar biasa, yaitu menyembelih hewan kurban. Menyembelih hewan kurban adalah sunnah yang sangat dikukuhkan," kata Buya Yahya.

Buya Yahya mengatakan bahwa anjuran menyembelih hewan kurban saat hari raya Idul Adha disebutkan setiap mazhab yaitu mazhab Syafi'i, mazhab Hambali, mazhab Maliki.

"Dan menurut mazhab Imam Abu Hanifa wajib bagi yang mampu tentunya. Artinya perbedaan yang wajib dan sunnah itu jadi sesuatu yang besar, amalan agung," ujar Buya Yahya.
 
Baca Juga: Pintu Rezeki Akan Terbuka dengan Membaca Surah Ini 10 Kali Setiap Hari Menurut Syekh Ali Jaber

Buya Yahya mengatakan bahwa amalan menyembelih hewan kurban saat waktu Idul Adha tidak bisa dibandingkan dengan amalan menyembelih hewan di luar waktu Idul Adha.

"Tidak bisa dibandingkan dengan di saat kita menyembelih kurban di hari selain itu, akan jadi sedekah biasa tapi kalau ini jadi sedekah kurban," kata Buya Yahya.

Beliau mengingatkan bahwa membeli hewan kurban seperti kambing atau sapi tidak harus hari yang lalu atau beberapa saat senelum Idul Adha. Membeli hewan kurban menjelang atau saat Idul Adha pun boleh dilakukan.
 
Baca Juga: Baca Doa Ini Sebanyak 70 Kali Saat Hari Jumat Bisa Mendatangkan Rezeki Menurut Syekh Ali Jaber

"Bahkan kalau pun sekarang tidak dapat anda bisa beli esok harinya hari rayanya. Kalau esok hari belum, anda bisa beli hari yang kesebelas," ujar Buya Yahya.

Pada hari H atau hari Idul Adha 10 Dzulhijjah boleh tidak menyembelih hewan kurban karena masih belum mendapat hewan kurban yang baik untuk dibeli.

"Anda bisa hari yang kesebelas, dua belas, sampai hari ketiga belas, asalkan sembelihan anda dan anda bagi sebelum maghrib tiba," kata Buya Yahya.
 

Buya Yahya mengatakan waktu yang diperbolehkan untuk melakukan penyembelihan hewan kurban setelah hari raya Idul Adha adalah hari kesebelas hingga ketiga belas Dzulhijjah.

"Asalkan penyembelihan dan pembagiannya sebelum maghrib hari ketiga tasyrik, maka itu sah jadi kurban," ujar Buya Yahya.

Sehingga, perlu diingat waktu yang boleh dilakukan penyembelihan hewan kurban dan bernilai amalan kurban adalah di hari raya Idul Adha ditambah dengan hari tasyrik 3 sebanyak hari.
 

"Mungkin anda terlena hari ini dengan kesibukan anda, tau-tau sudah hari raya kurban atau anda belum dapat kambing hari di ini tapi mungkin esok anda dapat kambing, boleh," kata Buya Yahya.***(Anisa Maharani/PortalJember.com)
 

 
 
 
 
 
-
ReplyForward

Editor: Yes Tina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X