• Senin, 8 Agustus 2022

Jadwal Dan Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh atau Safar 1443 H

- Jumat, 3 September 2021 | 08:45 WIB
jadwal salat dan buka puasa kota Semarang  (pixabay)
jadwal salat dan buka puasa kota Semarang (pixabay)

TIPOLOGI.COM - Puasa Ayyamul Bidh atau puasa di bulan safar adalah puasa sunah yang dikerjakan pada pertengahan bulan menurut kalender Hijriah. Berikut adalah niat dan jadwal Puasa Ayyamul Bidh atau puasa di bulan safar.

Bulan Safar begitu banyak terjadi bagi umat Islam.
Bulan kedua dalam penanggalan Islam atau yang kita kenal sebagai kalender hijriyah ini memang memiliki sejarah tersendiri dalam masyrakat arab.

Baca Juga: Khazanah Islam: Orang Sabar Dan Balasan Dari Yang Maha Esa

Sesuai dengan namanya (Safar) yang berarti kosong menjadi bukti sejarah bagi masyrakat arab dahulu yang sering meninggalkan rumahnya karena menyerang musuh. Sehingga rumahnya menjadi kosong dan sepi.

Bulan Safar yang telah menjadi bulan kedua dalam penangan Islam bedasarkan kesepatakan khalifah jauh setelah wafatnya Rasul.

Baca Juga: Peristiwa di Hari Selasa Dalam Islam, Kali Pertama Siti Hawa Haid Hingga Wafatnya Para Kekasih Allah

Ia ditetapkan dan disetujui oleh Rasulullah sebagai nama bulan. Dari itu ia tetap menjadi penanda perjalan-perjalanan yang dilalui oleh beliau dan para pengikutnya.

Bacaan Niat Puasa Safar.

Niat Puasa Ayyamul Bidh Seperti halnya dengan puasa sunah lainnya, niat puasa Ayyamul Bidh ini bisa dibaca pada malam hari sebelum terbitnya fajar atau ketika sudah siang pada keesokan harinya.

Halaman:

Editor: Abdul Rosid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X