• Senin, 8 Agustus 2022

Keutamaan Sedekah di Hari Jum'at, Salah Satunya di Doakan Malaikat

- Jumat, 3 September 2021 | 05:10 WIB
Masjid Kudus
Masjid Kudus

TIPOLOGI.COM -Sedekah merupakan salah satu amalan seorang muslim yang dilakukan dengan cara mengeluarkan apa yang dia miliki.
Sedekah dilakukan dengan sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah menjadi salah satu amalan yang dicintai Allah SWT. Selain itu, apabila bersedekah Allah juga akan menghapus dosa yang telah diperbuat sebagaimana yang terkandung dalam Surat Al-Baqarah ayat 271:

Baca Juga: Inilah Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Malam Jumat dan di Hari Jumat
Yang Artinya:

"Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan."

Dengan begitu, apabila seorang muslim bersedekah maka dirinya tidak kehilangan harta melainkan mendapatkan harta yang lebih baik dari Allah SWT. Selain itu, sedekah merupakan bentuk rasa syukur terhadap apa yang sudah kita dapatkan atas ridho Allah SWT.

Baca Juga: Khazanah Islam: Orang Sabar Dan Balasan Dari Yang Maha Esa

Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, terdapat hari baik yang dianjurkan kepada umat muslim untuk bersedekah yaitu pada hari Jumat.

Hal tersebut tertuang dalam hadist riwayat Abi Syaibah, "Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain."

Baca Juga: Tata Cara Aqiqah dan Hikmah Aqiqah Dalam Islam

Halaman:

Editor: Abdul Rosid

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X