• Rabu, 29 Juni 2022

Menuju Pilpres 2024 Pemilih Jokowi Lari ke Ganjar Pranowo

- Minggu, 5 Desember 2021 | 16:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  (Dok Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok Humas Pemprov Jateng)

TIPOLOGI.COM - Survei terbaru Indikator Politik Indonesia telah mencatat tiga besar elektabilitas calon presiden tertinggi.

Diurutan pertama ada nama Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Diurutan kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan urutan ketiga ada nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pada survei yang dirilis bulan November 2021 ini, Prabowo Subianto memuncaki elektabilitas sebagai calon presiden dengan angka 23,7 persen.

Baca Juga: Terjun ke Dunia Politik, Komika Mongol Sah Masuk PSI

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berada di urutan kedua dengan angka 20,9 persen, diikuti Anies Baswedan diurutan ketiga 15,1 persen.

Secara mengejutkan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, bahwa elektabilitas Ganjar berasal dari pemilih Jokowi.

Dalam simulasi top of main, dikatakan Burhanuddin Muhtadi bahwa masih ada responden memilih Jokowi dan berada di posisi tertinggi dengan angka 19,6 persen. Setelah nama Jokowi dihilangkan, suara pemilih Jokowi itu beralih ke Ganjar.

Baca Juga: Gokil! Makan di Warung Sate Pinggir Jalan, Ganjar Pranowo Tunjukkan Skil Sulap Sendok Bengkok

"Pemilih pak Jokowi lari ke Ganjar. Ganjar nomor dua. Selisihnya tak jauh dengan Pak Prabowo, Anies ketiga," ujar Burhanuddin saat pemaparan survei secara daring, Minggu (5/12). Dikutip dari laman merdeka.com

Halaman:

Editor: Birin Sobirin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X