• Selasa, 31 Januari 2023

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 176 Faktor Integrasi Nasional Uji Kompetensi BAB 5

- Senin, 16 Januari 2023 | 19:00 WIB
Ilustrasi - Kunci jawaban PKN kelas 10 halaman 176 Faktor Integrasi Nasional Uji Kompetensi BAB 5 (PEXELS/Pixabay)
Ilustrasi - Kunci jawaban PKN kelas 10 halaman 176 Faktor Integrasi Nasional Uji Kompetensi BAB 5 (PEXELS/Pixabay)

TIPOLOGI - Simak kunci jawaban PKN kelas 10 halaman 176 tentang faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi nasional berikut pada Uji Kompetensi BAB 5.

Penyajian kunci jawaban PKN kelas 10 halaman 176 ini dapat membantu siswa menjawab tentang faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi nasional.

Kunci jawaban PKN kelas 10 halaman 176 dalam artikel ini juga bisa menjadi bahan evaluasi siswa dalam mengerjakan tugas.

Baca Juga: Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 188 Pendapat Mosi Dilengkapi Argumen BAB 6

Berikut penjabarannya dikutip dari Buku PKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan Kemdikbud:

1. Pada hakikatnya integrasi nasional mengandung arti menyatupadukan hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Berdasarkan hal tersebut jelaskan perbedaan integrasi nasional secara politis dan antropologis!

Jawaban : secara politis berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional. Sedangkan secara antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

2. Mengapa pada negara yang multy cultural, seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan pendapat Anda!

Jawaban : karena manusia hidup dalam realitas yang plural, corak masyarakat Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Masyarakat plural merupakan belati bermata ganda dimana pluralitas sebagai rahmat dan sebagai ancaman.

Halaman:

Editor: Ba Tanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X