• Senin, 8 Agustus 2022

Dikembangkan di Rusia, BPOM Setujui Penggunaan Vaksin COVID-19 Sputnik-V

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 04:08 WIB
informasi (Instagram/@bpom_ri)
informasi (Instagram/@bpom_ri)

TIPOLOGI.COM - Badan POM menyetujui terhadap produk vaksin COVID-19 yang baru yaitu Vaksin COVID-19 Sputnik-V, Selasa, 24 Agustus 2021.

Dilansir dari akun resmi Instagram @bpom_ri, vaksin tersebut berhasil dikembangkan The Gamaleya National Center of Epidemiology and Microbiology di Rusia yang menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector (Ad26-S dan Ad5-S).

Baca Juga: TKM Jadi Andalan Pemerintah Tekan Pengangguran, Targetnya 1.00.000 Orang

Baca Juga: Dorong UMKM di Minahasa Utara, Kemendag Gunakan Jurus Pencanangan Pusat Jajan Kuliner Dan Cenderamata

Vaksin ini didaftarkan oleh PT Pratapa Nirmala sebagai pemegang EUA dan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan dan mutu vaksin ini di Indonesia.

Vaksin COVID-19 Sputnik-V telah melalui pengkajian secara intensif oleh Badan POM bersama Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin COVID-19 dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Baca Juga: Saat Interview, Calon Karyawan Diwajiban Hindari 5 Sikap Ini Saat Ditanya HRD, Simak Apa Saja?

Penilaian terhadap data mutu vaksin ini juga telah mengacu pada pedoman evaluasi mutu vaksin yang berlaku secara internasional.

Data uji klinik fase 3 menunjukkan Vaksin COVID-19 Sputnik-V memberikan efikasi sebesar 91,6% (dengan rentang confidence interval 85,6% - 95,2%) pada usia 18 tahun ke atas.

Halaman:

Editor: Abdul Rosid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X