Roy Suryo Dilaporkan Oleh Pewakilan Umat Buddha Indonesia, Imbas Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

- Selasa, 21 Juni 2022 | 11:42 WIB
Roy Suryo Dilaporkan Oleh Pewakilan Umat Buddha Indonesia, Imbas Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi. (Instagram @krmtroysuryo2)
Roy Suryo Dilaporkan Oleh Pewakilan Umat Buddha Indonesia, Imbas Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi. (Instagram @krmtroysuryo2)

TIPOLOGI.COM - Roy Suryo akhir ini sempat dilaporkan ke Bareskrim Polri atas kasusnya.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era pemerintahan SBY, Roy Suryo dilaporkan atas kasus terkait meme Stupa Candi Borobudur mirip dengan Presiden Jokowi.

Laporan kasus Roy Suryo dilayangkan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia terkait karena ujaran kebencian yang mengandung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-rakyat.com dengan judul "Roy Suryo Dilaporkan ke Polisi Imbas Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi" pada 21 Juni 2022.

Baca Juga: Rancangan KUHP Mengenai Hukuman Menghina Presiden Bisa Kena Denda Rp200 juta atau Penjara 4,5 Tahun

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko pun telah membenarkan pelaporan tersebut.

Menurut Gatot, laporan tersebut telah tercatat dengan nomor LP/B/0293/VI/2022/SPKT/BARESKRIM tertanggal 20 Juni 2022.

Dalam laporan itu, pihak pelapor menyertakan barang bukti berupa print out akun Twitter @KRMTRoySUryo2.

"Jadi benar ada laporan terkait masalah Stupa Borobudur yang melaporkan berinisial KW, dilaporkan Senin, tanggal 20 Juni 2022, pukul 12.00 WIB,” kata Gatot saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Resmi Disetujui Mendagri dan Gubernur Papua, Pemekaran Wilayah Provinsi Akan Dilakukan Tahun Depan

Gatot memastikan pihak Bareskrim Polri telah menerima laporan tersebut dan laporan itu akan ditindaklanjuti oleh penyidik, baik dari direktorat siber ataupun lainnya.

Lebih lanjut, Gatot mengatakan, pihak pelapor membuat laporan ke Bareskrim Polri dengan pihak terlapornya adalah pemilik akun Twitter @@KRMTRoySUryo2 dengan korban adalah Umat Buddha Indonesia yang diwakilkan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia.

“Yang dilaporkan itu ujaran kebencian berdasarkan SARA dan/atau penistaan agama Buddha sebagaimana dimaksud Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 156a KUHP,” kata Gatot menjelaskan.

Sementara itu, penasihat Hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni Nasution menyerahkan sepenuhnya laporan tersebut kepada pihak kepolisian.

Halaman:

Editor: Ba Tanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X