• Kamis, 19 Mei 2022

Masalah Logistik Pemilu Mulai Dipetakan

- Rabu, 1 Desember 2021 | 12:36 WIB
KPU kota Serang saat membahas Logistik Pemilu (Istimewa )
KPU kota Serang saat membahas Logistik Pemilu (Istimewa )

TIPOLOGI.COM - Manajemen logistik untuk kebutuhan pemilu dan pemilihan 2024 harus dilakukan secara cermat agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berlangsung sesuai prosedur.

Temuan saat Pemilu 2019 seperti kekurangan surat suara, kesalahan pengesetan formulir, hingga tidak representatifnya tempat penyimpanan di tingkat PPK, harus diantisipasi sedari sekarang.

Demikian butir kajian tematik KPU Kota Serang, Selasa 30 November 2021, bertajuk “Tata Kelola Logistik Pemilu”, yang berlangsung di RPP Ki Mas Jong. Kajian dipantik oleh Kasubag KUL Tomy Irawan dihadiri oleh komisioner, sekretaris, dan para staf pelaksana.

Baca Juga: Kejari dan KPU Kota Serang Sepakat Susun MoU Hukum

“Pengesetan perlengkapan TPS dan formulir dilakukan oleh KPU dibantu oleh PPK dan PPS. Sementara untuk sortir dan lipat surat suara dilakukan swakelola melibatkan warga. Hasilnya ditemukan ada TPS yang kekurangan surat suara dalam jumlah banyak. Sementara pengesetan formulir Model C dan D itu pengadaannya dilakukan oleh KPU provinsi. Saat kami hitung kembali, ternyata jumlahnya kurang. Solusinya kami foto copy dengan biaya sendiri dan itu jumlah rupiahnya lumayan besar,” kata Tomy.

Sekretaris KPU Kota Serang Hendro Sulistyo menuturkan, ke depan perlu dilakukan bimbingan teknis secara spesifik tentang logistik melibatkan KPU, PPK, dan PPS. Ini menjadi penting agar terjadi pemahaman tentang peruntukan setiap item logistik.

Selama ini, staf KPU langsung memberikan pengarahan kepada petugas logistik di gudang. Walhasil, pemahaman petugas tidak optimal.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Disabilitas Internasional 2021, Lengkap dengan Sejarah Singkatnya

“Bisa saja ke depan kita berdayakan jasa tenaga profesional untuk sortir dan lipat suara. Hasilnya pasti lebih rapih dan cepat. Ketimbang dilakukan swakelola tanpa pengawasan memadai, yang terjadi justru salah pengitungan kebutuhan per TPS,” kata Hendro.

Halaman:

Editor: Birin Sobirin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masalah Logistik Pemilu Mulai Dipetakan

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:36 WIB

Kejari dan KPU Kota Serang Sepakat Susun MoU Hukum

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:29 WIB

Terpopuler

X