• Senin, 27 Juni 2022

Kejari dan KPU Kota Serang Sepakat Susun MoU Hukum

- Rabu, 1 Desember 2021 | 12:29 WIB
Kejari dan KPU Kota Serang saat poto bersama membahas MoU Hukum  (Istimewa)
Kejari dan KPU Kota Serang saat poto bersama membahas MoU Hukum (Istimewa)

TIPOLOGI.COM - Kejari Serang dan KPU Kota Serang bermufakat untuk menyusun sebuah maskah MoU yang berkenaan dengan hukum guna mengawal pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 mendatang.

MoU itu akan segera disahkan sebelum tahapan pemilu dimulai. Demikian hasil koordinasi KPU Kota Serang saat berkunjung ke Kejari Serang, Selasa 30 November 2021.

Plh Ketua KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri menjelaskan, pada 25 September 2017 silam, sudah diteken MoU masalah hukum perdata dan tata usaha negara antara KPU dan Kejari Serang untuk mengawal jalannya Pilkada Kota Serang 2018.

Baca Juga: Dindikbud Banten Sabet Penghargaan Keterbukaan Informasi

Saat itu, pihak Kejari Serang mendampingi KPU dalam menghadapi gugatan dari peserta pilkda di pengadilan, pengawalan pengadaan barang dan jasa, hingga turut serta berperkara di Mahkamah Konstitusi bersama kuasa hukum KPU.

“Pendampingan itu sangat berguna bagi KPU agar setiap keputusan dan kebijakan yang ditempuh tidak melanggar aturan. Kami berharap kerjasama serupa dapat diteruskan untuk kepentingan pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang. Dengan kompleksitas tahapan yang dihadapi, KPU berharap, sinergitas dengan Kejari dapat meminimalisir potensi pelanggaran yang dilakukan oleh KPU,” kata Fierly.

Hadir pada kesempatan itu Anggota KPU Kota Serang Fahmi Musyafa, Anggota KPU Kota Serang Nanas Nasehudin, Sekretaris KPU Kota Serang Hendro Sulistyo, dan Kasubag Hukum dan Pengawasan Encep Supriyadi.

Baca Juga: Resmi! Tarif Tol Serang-Panimbang Seksi I Diluncurkan, Berikut Rinciannya

Fierly menjelaskan, selain di bidang hukum perdata dan tata usaha negara, pendampingan yang dilakukan Kejari bisa berupaya penyuluhan kesadaran hukum.

Halaman:

Editor: Birin Sobirin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X