• Kamis, 19 Mei 2022

Beberapa Hari Lagi Akan Memperingati Hari Jadi, Inilah Sejarah Singkat Menuju Berdirinya Provinsi Banten

- Minggu, 26 September 2021 | 11:41 WIB
Poto: Banten/Sumber (Instagram @pemprov_banten)
Poto: Banten/Sumber (Instagram @pemprov_banten)

Tipologi.Com - Sebagai warga Banten, kita wajib untuk mengetahui tentang sejarah berdirinya Provinsi Banten, yang mana perjuangan para pendahulu sangat melelahkan untuk mencapai keberhasilan memisahkan diri dari Provinsi Jawa Barat dan membentuk Provinsi sendiri.

Tepatnya 21 tahun yang lalu Provinsi Banten resmi menjadi Provinsi dan terpisah dari Provinsi Jawa Barat. Maka Banten beberapa hari lagi akan memperingati hari jadinya yaitu, 4 Oktober yang ke-21 tahun.

Provinsi Banten sendiri, terdiri dari 4 kabupaten dan 4 kota yang meliputi, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

Provinsi Banten, Pada tahun 2002 DPRD Banten memilih Dr. Ir. H. Djoko Munandar dan Hj. Atut Chosiyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten pertama.

Seperti dilansir dari biropemerintahan.bantenprov.go.id, bahwa

Banten merupakan sebuah provinsi di Tatar Pasundan, serta wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Untuk membentuk Provinsi sendiri, sebetulnya keinginan rakyat itu muncul setelah memasuki masa kemerdekaan. Niatan itu mencuat di tahun 1953 dan kemudian pada 1963 terbentuk Panitia Provinsi Banten di Pendopo Kabupaten Serang. Yang mana dalam pertemuan antara Panitia Provinsi Banten dengan DPR-GR itu menghasilkan kesepakatan untuk memperjuangkan terbentuknya Provinsi Banten.

Baca Juga :Baca Juga: Berikut 7 Selebriti Papan Atas Tanah Air yang Berkarir di Dunai Intertaiment Ternyata Memiliki Darah Banten.

Keinginan untuk menjadi Provinsi, semakin kuat. Sehingga tanggal 25 Oktober 1970 Sidang Pleno Musyawarah Besar Banten mengesahkan Presidium Panitia Pusat Provinsi Banten. Namun ternyata perjuangan untuk membentuk Provinsi Banten dan terpisah dari Jawa Barat tidaklah mudah dan cepat.

Halaman:

Editor: Rudi Prayoga

Sumber: bantenprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masalah Logistik Pemilu Mulai Dipetakan

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:36 WIB

Kejari dan KPU Kota Serang Sepakat Susun MoU Hukum

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:29 WIB

Terpopuler

X