Habib Bahar Ditahan Polisi, Habib Kribo: Dia Kriminal Bertopeng Ulama

- Rabu, 5 Januari 2022 | 10:59 WIB
Habib Bahar Ditahan Polisi, Habib Kribo: Dia Kriminal Bertopeng Ulama (Tangkap Layar)
Habib Bahar Ditahan Polisi, Habib Kribo: Dia Kriminal Bertopeng Ulama (Tangkap Layar)

TIPOLOGI.COM - Habib Bahar bin Smith atau Habib Bahar bin Smith kembali menjadi tahanan setelah di duga menyebarkan berita hoax saat berceramah.

Sebelulmya, Habib Bahar bin Smith menghadiri panggilan Polda Jawa Barat (Jabar) pada 3 Januari, 20201. Hal ini dilakukan untuk dimintai keterangan terkait penyebaran berita hoax dalam ceramahnya itu.

Fakta penyidikan dan pemeriksaan hari Senin yang lalu, penyidik meningkatkan status hukum Bahar bin Smith menjadi tersangka. Penyidik menemukan dua alat bukti yang sah, serta didukung barang bukti.

Baca Juga: Gara-gara Perankan Aris di Layangan Putus, Reza Rahadian Diteror Emak-emak di Bali

Adapun hukuman untuk Bahar bin Smith tertuang dalam pasal 15 ayat 1 Undang-Undang No 1 Tahun 1946 Republik Indonesia Indonesia Tentang Peraturan Hukum Pidana. Dia juga dijerat dengan pasal 55 KUHP, pasal 45 a ayat 2 Jo pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE Jo pasal 55 KUHP

Kemudian, saat sebelum di tahan. Bahar Bin Smith berkata "andaikan, jikalau nanti saya ditahan, jikalau nanti saya tidak keluar dari ruangan atau nanti saya di penjara, maka sedikit saya sampaikan bahwasanya ini adalah bentuk keadilan dan demokrasi sudah mati di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini".

Ucapan Bahar bin Smith tersebut tuai banyak kritikan, termasuk Habib Zein Assegaf atau Habib Kribo.

Baca Juga: Tak Takut Dipenjara! Habib Bahar Berani Kritik Sana Sini, KSAD Dudung Salah Satunya

Dikutip Tipologi.com dari unggahan video di kanal Youtube 'Habib Kribo".

Halaman:

Editor: Abdul Rosid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X