• Senin, 27 Juni 2022

Letusan Gunung Semeru Pertama Kali Pada Tahun 1818 Terjadi Kembali Tahun 4 Desember 2021

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:57 WIB
Gunung Semeru dianggap sebagai rumah tempat bersemayam dewa-dewa, dan sebagai sarana penghubung antara bumi dan kahyangan (Foto: screenshoot@gunungsemeru3676mdpl)
Gunung Semeru dianggap sebagai rumah tempat bersemayam dewa-dewa, dan sebagai sarana penghubung antara bumi dan kahyangan (Foto: screenshoot@gunungsemeru3676mdpl)

TIPOLOGI.COM - Indonesia kali ini digemparkan terjadinya meletusnya gunung Semeru yang luncurkan awan panas dan membuat warga sekitar panik.

Gunung Semeru adalah gunung yang berada Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang Jawa Timur Pada Sabtu tanggal 4 Desember 2021.

Gunung Semeru mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar akibat aktivitasny itu masyarakat dan penggali pasir di aliran sungai leverag berlarian menjauh.

Baca Juga: Oknum Polisi Berinisial R Diduga Perkosa Novia Widyasari: Begini Reaksi Kapolri

Masyarakat sekitar gunung Semeru berlarian dengan adanya asap yang sangat tebal pekat sambil berteriak-teriak ketakutan menjauhi pemukiman.

Gunung Semeru yang berketinggian 3676 M itu mengakibatkan hujan abu sekitar Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang Kasubbid mitigasi bencana gunung api wilayah barat pusat vulkanologi dan mitigasi bencana.

Baca Juga: BPBD Jawa Timur Umumkan Tidak Ada Korban Atas Fenomena Meletusnya Gunung Semeru di Jawa Timur

Pertama kali gunung Semeru meletus pada tanggal 8 November 1818 ini sebuah awal letesuan yang pertama yang dialami gunung Semeru dengan ketulusan sangat dahsyat.

Telah terjadi letusan pertama gunung Semeru menyebabkan samapai tahun ini gunung Semeru sering terjadi letusan dari 1881 sampai 2021.

Halaman:

Editor: Ari Dwi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X