• Sabtu, 25 Juni 2022

Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Jawa Timur Sarankan Warga Untuk Evakuasi Diri

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:56 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

TIPOLOGI.COM - Gunung Semeru dengan ketinggian mencapai 3.676 meter yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah mengalami erupsi pada pukul 15:00 WIB. Sabtu, 04 Desember 2021.

Akibat Luapan asap yang pekat dan larva panas yang dikeluarkan dari lereng Gunung Semeru mengakibatkan masyarakat Jawa Timur khususnya di Kabupaten Lumajang merasa ketakutan dan panik.

Melihat kondisi ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta warganya yang tinggal di sekitar Gunung Semeru untuk segara mengevakuasi diri ke lokasi yang lebih aman.

Baca Juga: Erupsi! Inilah Sejarah dan Legenda Gunung Semeru: Paku Bumi Pulau Jawa

Senada dengan itu, Tipologi.com temukan sebuah vidio dari halaman Instagram @khofifah.id bahwa dirinya menerima sebuah vidio dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini fokus pada peningkatan aktivitas Gunung Semeru. "Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman dan selamat," imbaunya lewat story Instagram pribadinya, Sabtu (4/12/2021).

Pastikan BPBD Provinsi Jawa Timur, Gubernur Khofifah sudah kerahkan timnya ke lokasi hari ini juga. Ia juga berencana akan ke lokasi pada malam hari.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insyaallah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo," kata Khofifah, melalui tulisan story Instagramnya.

Baca Juga: Jembatan Gladak Perak Akses Utama Lumajang-Malang Roboh, Berikut Pedoman Jalur Alternatifnya!

Dalam sebuah vidio yang diupload Gubernur Jawa Timur itu, terlihat awan berwarna abu-abu yang sangat pekat dan membumbung tinggi menyelimuti sekitaran Gunung Semeru di Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Birin Sobirin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X