• Sabtu, 25 Juni 2022

BPBD Jawa Timur Umumkan Tidak Ada Korban Atas Fenomena Meletusnya Gunung Semeru di Jawa Timur

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:58 WIB
Gunung Semeru mengalami erupsi muntahkan awan panas, warga panik berlarian mengungsi. (Tangkapan layar /Grup WhatsApp Pusiban Lampung)
Gunung Semeru mengalami erupsi muntahkan awan panas, warga panik berlarian mengungsi. (Tangkapan layar /Grup WhatsApp Pusiban Lampung)

TIPOLOGI.COM - Gunung Semeru yang terletak di Lumajang, Jawa Timur meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar jam 15:00 WIB.

Kejadian meletusnya Gunung Semeru, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur turun tangan.

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Budi Santosa mengungkapkan bahwa sejauh ini masih belum terdapat korban jiwa dalam peristiwa meletusnya Gunung Semeru.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Jembatan Icon Gladak Perak Penghubung Malang - Lumajang Terputus Total

Korban nihil dan dampak dari peristiwa itu masih dalam pendataan," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima oleh tipologi.com Sabtu, 4 Desember 2021.

Budi menceritakan, berdasarkan pantauan dilapangan, fenomena alam erupsi Gunung Semeru itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Terjadi peningkatan Aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai Awan Panas Guguran. Warga Diimbau menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," ucapnya.

Baca Juga: Langit Mengitam! Gunung Semeru Jawa Timur Luncurkan Lava dan Abu Panas, Masyarakat Ketakutan

Budi menegaskan, agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Ari Dwi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X