• Senin, 23 Mei 2022

Cara Berbeda Memaknai Hari Guru Internasional 5 Oktober 2021 di Masa Pandemi

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 15:21 WIB
Ilustrasi Hari Guru Nasional 2021 (Instagram @helmiyatulhidayati/ Ari Dwi Purnomo)
Ilustrasi Hari Guru Nasional 2021 (Instagram @helmiyatulhidayati/ Ari Dwi Purnomo)

TIPOLOGI.COM - Hari Guru Nasional adalah hari istimewa sebagai apresiasi terhadap pahlawan tanpa tanda jasa (Guru) di Indonesia.

Hari Guru Nasional selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November, bentuk peringatan tersebut bagian dari penghormatan kita terhadap seorang yanh telah memberikan kita ilmu kepada kita.

Hal ini juga didasari oleh hukum melalui keputusan presiden no 78 tahun 1994. Keputusan tersebut dikeluarkan sekaligus dibentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1994.

Baca Juga: Hasil Final Futsal PON XX Papua 2021, Papua Gilas Jabar dengan Skor 4-2

Tentunya yang dimaksud dengan Guru disini adalah sebutan untuk sebuah profesi pendidik, yang artinya bukan hanya spesifik “Guru” di sekolah formal. Tutor PKBM, Instruktur, Pelatih dan profesi sejenis juga berhak merayakannya.

Disamping itu, dalam islam menyebutkan bahwa sekolah dan guru awal kita yakni adalah sosok ibunda kita sendiri.

Pada 3 tahun sebelum pandemi, memaknai Hari Guru Nasional kita langsung bisa bertemu dengan guru yang kita sayangi dan memberikan sedikit bingkisan atau kejutan untuk guru kita tercinta dan berfoto bareng dengannya.

Baca Juga: Siap Mengawal PON XX Papua 2021, Mahasiswa dan Pemuda Papua Kecam Keras KKB

Tapi tidak dengan tahun ini, yang kondisi dan situasi masih pandemi Covid-19, tapi hal itu bukan menjadi sebuah alasan kita tidak bisa merayakan Hari Guru Nasional ini.

Halaman:

Editor: Ari Dwi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X