• Jumat, 30 September 2022

Penyebab Air Anak Sungai Citarum Berubah, DLH Temukan Barang Bukti

- Rabu, 1 Juni 2022 | 09:00 WIB
Air di Anak Sungai Citarum Mendadak Berubah Warna Merah /Instagram @infojawabarat
Air di Anak Sungai Citarum Mendadak Berubah Warna Merah /Instagram @infojawabarat

TIPOLOGI.COM - Beberapa hari lalu, air anak sungai Citarum berubah warna menjadi merah hingga membuat heboh.

Bahkan warna merah tersebut tidak kunjung hilang dalam waktu 1 jam. Dugaan sementara penyebab air anak sungai Citarum menjadi merah adalah adanya pencemaran.

Penyebab merahnya air anak sungai Citarum tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum melakukan penyelidikan untuk menindaklanjuti dugaan pencemaran.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN Kementerian KKP Terbaru 2022, Jangan Kelewatan!

Artikel ini telah tayang di Prfmnews.pikiran-rakyat.com dengan judul "Penyebab Sungai Cimeta Jadi Merah, DLH Sebut Warga Disuruh Seseorang" pada 1 Juni 2022.

Untuk sementara, beberapa orang telah diperiksa pihak berwajib dan mengarah pada dugaan tindakan pidana yang saat ini tengah ditangani oleh Polres Cimahi dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Lingkungan Hidup.

"Menindaklanjuti hasil temuan lapangan hari sebelumnya, kami melakukan tindakan pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) dan susur sungai lanjutan," ujar Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan ĎLH Jabar Arif Budhiyanto di kawasan Desa Tagog Apu, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 31 Mei 2022.

Baca Juga: Cekal Tersangka Kasus Penipuan Fahrenheit, Bareskrim Polri: Perkembangan Terakhir

Dalam keterangan video yang beredar, sumber pencemaran berasal dari zat pewarna yang dibungkus oleh kantong plastik dengan kapasitas kurang lebih 30 kg dan ditemukan warga di aliran Sungai Cimeta.

Halaman:

Editor: Yes Tina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X