• Kamis, 6 Oktober 2022

Film 1987: When the Days Comes (2017) Gambarkan Persatuan Rakyat Korea Melawan Kediktatoran

- Sabtu, 25 September 2021 | 01:08 WIB
Film 1987: When the Days Comes (2017) (CJ entertainment )
Film 1987: When the Days Comes (2017) (CJ entertainment )

TIPOLOGI.COM - Sesuai dengan angka tahun di judulnya, film bergenre thriller politik ini mengambil latar belakang Korea Selatan di tahun 1987. Saat itu, Korea sedang di bawah kediktatoran militer.

Tahun itu, demonstrasi besar meledak di seantero Korea Selatan untuk menuntut pemilu bebas dan kemerdekaan berpendapat. Rezim militer merespon demonstrasi itu dengan gelombang represi.

Nah, film ini mengambil latar pembunuhan seorang aktivis mahasiswa di bulan Januari 1987. Park Jong-chul (Yeo Jin-goo), nama aktivis mahasiswa itu, meninggal saat diinterogasi dan disiksa oleh Polisi.

Baca Juga: Film The Attorney 2013, Peristiwa Perjuangan Rakyat Korea Selatan Menuntut Keadilan

Demi menutupi fakta di balik kematian aktivis mahasiswa itu, Komisaris Park Cheo-won, seorang petinggi kepolisian yang menangani kasus itu, memerintahkan agar mayat Park segera dikremasi.

Namun, agar proses kremasi itu, polisi membutuhkan tandatangan jaksa yang menangani kasus itu: Choi Hwan (Ha Jung-woo).

Namun, jaksa Choi mencium kejanggalan laporan polisi atas kematian aktivis mahasiswa itu. Karena itu, dia mendesak agar jenazah Park diotopsi dulu sebelum dikremasi.

Tentu saja, polisi tak setuju. Polisi pun menekan petinggi kejaksaan agar bisa memaksa jaksa Choi memberikan tanda-tangannya. Akhirnya, karena tekanan, jaksa Choi melakukannya.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbonize Peringatan Peristiwa G30S PKI, Ingat Jas Merah

Halaman:

Editor: Birin Sobirin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X